Inspiratif, Belajar dari Kisah Kesuksesan Brand Ternama yuk



Kita hidup di era yang sangat dinamis, borderless, dengan segala kemungkinan yang terjadi. Fenomena tersebut mendorong setiap pelaku usaha untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan kepada konsumen. Mulai dari produk, layanan, hingga kemasan merek yang menarik maupun relevan.

Kita harus menyadari bahwa brand yang baik akan memudahkan bisnis mencapai tujuannya. Sejauh ini, branding berdampak dalam  membentuk persepsi hingga meningkatkan penjualan. Proses branding haruslah tepat mengingat perubahan dinamika konsumen dan aspek makro lainnya. 

Dalam lingkup branding, langkah-langkah yang dilakukan merepresentasikan values dari perusahaan itu sendiri. Alih-alih meningkatkan reputasi, apabila gagal membaca situasi dan menentukan strategi yang tepat, upaya yang dilakukan bisa menjadi bumerang menghancurkan loyalitas publik yang telah dibangun sekian lama.

Menyiasati hal itu salah satu langkah mudah adalah belajar dari brand-brand besar yang berhasil bertahan menghadapi dinamikanya. Simak kisah sukses brand ternama dalam mengelola brandnya sehingga dicintai oleh masyarakat dan didapuk sebagai brand sukses.

1. Apple: Kesederhanaan, Storytelling, dan Inovasi Teknologi

Perusahaan teknologi asal Amerika yang berdiri sejak 1970-an ini berhasil menjadi salah satu brand wahid di berbagai belahan dunia. Menariknya, meski dibandrol dengan harga fantastis, Apple tidak pernah mengeluhkan dari segi konsumen. Mereka rilis produknya catch-up dengan sedikit improvement namun dapat menimbulkan kehebohan di masyarakat.

Meski saat ini tidak sedikit kompetitor yang menjanjikan produk tak kalah dari Apple dengan harga yang lebih terjangkau, Apple masih menjadi produk pilihan masyarakat. Apa sekiranya yang akhirnya membuat konsumen tetap menggunakan Apple?

Contoh saja, perilisan Apple iPhone 14 Pro tempo hari dengan menambahkan Dynamic Island saja, Apple Fanboy dan Fangirl membombardir di jagat maya.

Apple berhasil menciptakan brand identitas yang kuat dengan kreatif, kualitas, dan konsisten mengomunikasikan kesan simplicity. Logo perusahaan yang ikonik, desain produk yang minimalis, dan branding konsisten melalui seluruh aspek pemasaran berhasil berkontribusi dalam menciptakan brand yang kuat. Strategi marketing yang digunakan oleh Apple selalu menciptakan experience yang berkesan kepada audiens, campaign hingga peluncuran produknya.

Di samping campaign yang ikonik, produk-produk yang dihasilkan oleh Apple selalu berinovasi dan menjawab kebutuhan konsumen dengan memaksimalkan pengalaman pengguna. Inovasi teknologi dan desain Apple kerap kali menjadi patokan oleh perusahaan-perusahaan lain.


2. Gojek: Berdampak pada Perekonomian Masyarakat


Siapa tak mengenal perusahaan lokal yang diinisiasi oleh Nadiem Makarim ini? Perusahaan teknologi yang bergerak dalam bidang multi-jasa dan digital teknologi yang sudah beroperasi di lebih dari 50 kota di Indonesia. Bahkan, Gojek juga beroperasi di mancanegara seperti Thailand, Vietnam hingga Australia.

Meski usianya yang terbilang masih muda, Gojek berhasil menjadi salah satu brand ternama di Indonesia. Melalui SuperApp-nya, Gojek memberikan ragam kemudahaan akses fasilitas termasuk di dalamnya kebutuhan antar-jemput, pengiriman barang, hingga pembayaran digital. Pelayanannya yang baik dan selalu mau berinovasi inilah yang membuat Gojek masih dan terus dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya daerah urban.

Selain berhasil menciptakan produk yang menjawab kebutuhan masyarakat, perkembangan Gojek juga diiringi bagaimana perusahaannya memberikan dampak sosial kepada masyarakat maupun perekonomian Indonesia seperti membuka lapangan pekerjaan hingga memberikan kesempatan untuk mereka meningkatkan kualitas hidup.

Meningkatkan reputasi, Gojek berkomitmen pada keberlanjutan dan budaya yang inklusif. Perusahaan berkomitmen pada pengurangan emisi karbon dengan menyediakan opsi kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Membuka peluang yang sama dalam memberdayakan perempuan baik dalam wirausaha maupun mitra kerja menunjukan dedikasi Gojek terhadap lingkungan dan sosial masyarakat.


3. Indomie: Konsisten dalam Kualitas, Ragam & Distribusi Produk

Kemudahan penyajian namun dengan cita rasa yang tidak kalah dengan masakan asli menjadi salah satu alasan Indomie selera semua orang. Bukan lagi jadi rahasia umum produk mi instan ini tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia saja. Berdiri sejak 1972, Indomie berhasil mengekspor hingga ke negara-negara Eropa.

Padahal hanya mie instan, namun mengapa Indomie bisa bertahan hingga saat ini bahkan berhasil menaklukan negara-negara luar?

Inovasi produk dengan ragam pilihan rasa. Indomie menawarkan berbagai macam rasa produknya, mulai dari yang paling biasa (indomie goreng) hingga rasa-rasa yang unik (Rendang, Kebab Turki, Rawon, Kebuli, hingga Jaksel).

Indomie terus mengenalkan rasa-rasa baru dari produknya berdasarkan karakter konsumen dan daerahnya. Meski menawarkan berbagai pilihan rasa baru dan unik, Indomie selalu konsisten dengan kualitas rasanya. Dan tak tertinggal, dengan harga yang sangat terjangkau, Indomie menghadirkan cita rasa yang sama dengan masakan aslinya.


4. Telkomsel: Demokratisasi Akses Telekomunikasi dan Komitmen terhadap Pelanggan

Telkomsel memegang pasar yang besar dalam bidang telekomunikasi di Indonesia, khususnya di sektor jaringan seluler. Berdiri sejak 1995, Telkomsel mendominasi pasar dengan menyediakan jaringan layanan seluler hampir di seluruh penjuru Indonesia. Aksesnya yang luas membuat perusahaan ini memiliki basis pelanggan terbanyak di Indonesia.

Selain kemudahaan akses, Telkomsel menawarkan berbagai produk dan layanan inovatif yang dibutuhkan oleh konsumen. Seperti pembayaran digital, mobile banking, kemudahan pelayanan yang meningkatkan pengalaman dan keterlibatan pengguna Telkomsel itu sendiri. Dalam meningkatkan pelayanan, Telkomsel berkomitmen kebutuhkan konsumen, dalam keamanan data misalnya membuat Telkomsel mendapatkan kepercayaan dan loyalitas dari jutaan pelanggannya.

💡 Baca Bagian Selanjutnya:
Jangan Salah Langkah! Pelajari & Ambil Hikmah Kesalahan Brand ini

Semoga bermanfaat! ✨
Mari diskusi lebih lanjut di kolom komentar 🤝

Posting Komentar

0 Komentar